Cerita Dibalik Sukses Wikipedia

By | December 6, 2016

Jimmy Wales yang Membuat Pengetahuan Menjadi Milik Semua Orang

Jimmy Wales - Founder Wikipedia

         Jimmy Wales – Founder Wikipedia

 

Wikipedia merupakan ensiklopedia yang informasinya secara  bebas  bisa  disunting,  diperbaiki,  dan  ditambahkan.   Ensiklopedia  bebas   ini  dirilis  pada   tanggal    15 Januari 200 1    oleh Jimmy Wales, Larry Sanger,  dan  be berapa sukarelawan yang mau menyumbangkan penge tahuannya. Soot ini Wikipedia telah memiliki  13.000 kontributor aktif  yang  mengeriakan 7.000.000  artikel dan  disaiikan dalam  lebih  250  bahasa. Di antara  belantara  iutaan artikel ini terdapat  98. 183  artikel yang  ditulis menggu­ nakan  Bahasa Indonesia.

 

ORANG YANG SEDERHANA NAMUN BERKARYA

 

Sebagai pendiri dan pemimpin yayasan Wikimedia, Jimmy Wales ber­ peran besar dalam mengendalikan Wikipedia dan proyek Wiki lainnya agar tetap bisa terdistribusi  secara gratis. Jimmy Wales atau biasa di­ panggil “Jimbo” lahir dari keluarga sederhana  pada tanggal 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama.

Dengan gaji yang hanya cukup untuk menghidupi keluarga kecilnya, Ayahnya  yang  bekerja  sebagai  pengelola  toko  kelontong,  berusaha untuk  memberikan   pendidikan  yang  layak  bagi anak-anaknya.  Hal ini  tentu  saja tidak  terlepas  dari  dukungan  ibu  dan  neneknya  yang juga pengajar di sebuah sekolah swasta kecil, yang kemudian  menjadi tempatnya bersekolah Oleh  karena  jurnlah  murid  yang tidak  pernah  lebih  dari  empat anak,  pihak  sekolah menyatukan  kelas satu sampai  kelas empat  dan kelas lima sampai kelas delapan.

Wales menjadi seorang anak yang beruntung  karena di tengah penduduk  Huntsville yang agak terbelakang, ia masih bisa mengenyam pendidikan.   Sejak  duduk   di  bangku  sekolah  inilah,   Wales  mulai mengenal ensiklopedia. Ia mampu menghabiskan berjam-jam untuk membaca isi ensiklopedia, seperti World Book Encyclopedia. Ia merasa ketika    membaca    ensiklopedia,    keingintahuannya    tentang    dunia menjadi terjawab.

Setelah  lulus  dari  kelas  delapan,  ia  kemudian   melanjutkan   ke Randolp School. Saat itu, ia sendiri menyatakan  jika keluarganya sebenarnya   tidak  mampu   menyekolahkannya   ke  sekolah  tersebut. Namun, berbagai upaya dilakukan hingga akhirnya ia berhasil melanjutkan sekolah.

Keluarganya selalu menanamkan kepadanya  jika pendidikan  me­ rupakan pangkal untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik. Berangkat dari kesadaran ini pula, ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di Universitas Auburn.  Bahkan, tidak  berhenti  hanya sampai  di situ, ia pun kemudian  juga memperoleh  gelar master di Universitas Alabama dan mengikuti pendidikan  doktoral di universitas tersebut.

Taraf hidupnya  mulai meningkat  sejak ia bekerja sebagai direktur riset di Chicago Options Associates. Ia bekerja pada perusahaan  pialang bursa berjangka ini dari tahun 1994 sampi 2000. Menurut  Daniel Pink dari  majalah  Wired,  dengan  melakukan  spekulasi  tingkat  bunga  dan mata  uang asing, Wales bisa  membiayai dirinya dan istrinya seumur hidup. Namun  di  tengah  perjalanan  kariernya,  ia  sempat  menghadapi masalah  serius ketika mendirikan  situs portal  bernama  Bomis tahun 1996. Sebenarnya ide dasar dari situs ini adalah sebagai situs mesin pencari bagi pria, tetapi pada kenyataannya banyak penguna yang kemudian  menyalahtafsirkannya sebagai situs porno.

Menghadapi permasalahan  besar dalam perjalanan kariernya, Wales berusaha  untuk  melakukan  introspeksi  diri.  Tanpa  putus  asa,  pada bulan Maret 2000, ia mendirikan situs ensiklopedia yang bisa disunting oleh  masyarakat  umum.  Sebelum  didistribusikan   kepada  khalayak, artikel-artikel yang telah disunting ini telah melalui pengawasan orang­ orang terkemuka di bidangnya, yaitu Nupedia.com dan seorang editor­ in-chiefbernama Larry Sanger

Namun  pada perkembangannya,  Wikipedia menarik  minat  peng­ guna begitu cepat sehingga Nupedia menjadi terbengkalai. Hal ini me­ nyebabkan Larry Sanger yang juga bekerja untuk Nupedia terpaksa ha­ rus mengundurkan diri dari Wikipedia pada tahun 2002.

Meski rekannya,  Larry Sanger, telah  mengundurkan diri,  namun Wales tidak  patah  semangat  untuk  memperbesar  Wikipedia  sendiri. Pada pertengahan  2003, ia mendirikan  yayasan Wikimedia  di St. Pe­ tersburg. Yayasan ini dibuat untuk mendukung  Wikipedia dan proyek­ proyek serupa lainnya.

Untuk   mendirikan    yayasan   nirlaba   ini,   Jimmy   Wales   telah menghabiskan  kurang lebih US$500.000. Keinginan Wales yang besar untuk mencerdaskan semua orang di penjuru dunia dengan gratis, membuat banyak orang takjub. Dukungan baik materi maupun spirit berdatangan  untuk membantu mengembangkan situs Wikipedia dan proyek-proyek lain dari  Wikipedia.

Jika ditanya  mengapa  ia mau  bersusah  payah  membuat  yayasan yang tidak mendatangkan  profit, dengan tegas ia akan menjawab, “Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human  knowledge. That’s what we’re doing.”

Oleh  karena  latar  belakang  ekonomi  keluarganya  di  masa  lalu yang cukup  sulit, ia berkeinginan  untuk  membuat  semua orang  bisa menaikkan taraf hidupnya dengan memperoleh pengetahuan yang diinginkannya  secara gratis. Meskipun  semangatnya  untuk   mengembangkan   Wikipedia  dan proyek proyek serupa begitu besar, bukan berarti ia banyak meng­ habiskan  waktu di  belakang  komputer.  Ternyata dia lebih  menyukai kerja di lingkungan terbuka.  Hal ini semakin dikuatkan dengan ke­ gemarannya berlayar.

Pada tahun 2005, Jimmy Wales dan Wikipedia-nya sempat menyita perhatian publik karena situs tersebut diblokir oleh China. Alasan mengenai pemblokiran  tersebut tidak terlalu jelas. Desas-desus   yang   mengungkapkan    bahwa   ada   beberapa   isi Wikipedia  yang berbau  politik  termasuk  tentang  komunis,  dibantah keras oleh Jimmy Wales. Ia menyatakan  jika situs Wikipedia  adalah situs  pengetahuan   yang  netral.   Setahun   kemudian,   China   mulai  mengaktifkan  kembali  situs  Wikipedia  namun  dengan  pengawasan yang ketat.

Meski ia sempat jatuh bangun dalam mewujudkan harapannya, namun  Jimmy Wales adalah orang yang gigih dan pantang menyerah. Saat ini bahkan banyak pemodal yang ingin membantunya me­ ngembangkan poyek-proyek serupa Wikipedia.

Cita-citanya   untuk   memajukan   pendidikan   bagi  semua  orang di dunia, membuat majalah Time memasukkannya ke dalam daftar pemilihan  100 orang terkemuka tahun  2006. Selain itu, ia juga masuk dalam daftar Top 49 Men edisi tahun 2007 di Ask.Com.

VIDEO TENTANG LAHIRNYA WIKIPEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *