TERKUAK !! Pengusaha Sukses Dibalik Dailymotion.com

By | December 8, 2016

Dailymotion.Com: Video Sharing Alternatif Hasil Kerja Keras Benjamin Bejbaum dan Olivier Poitrey

 

Daily Motion

                       Daily Motion LOGO

Nama besar YouTube  tak menghalangi tekad Benjamin Bejbaum dan Olivier Poitrey  untuk terus mengibarkan bendera  Dailymotion .  Didirikan pada  Maret 2005, Dailymotion menjadi situs  video sharing  terbesar kedua setelah YouTube. Bahkan pada  November 2006  soot belum genap setahun setelah peluncurannya, tak kurang dari 9.000  video baru di-upload di situs ini setiap hari­ nya. Dan halaman situs ini pun dikunjungi lebih dari 16 juta orang per hari.

Situs video sharing yang berbasis di Paris  ini awalnya diluncurkan dalam duo bahasa yakni lnggris dan Prancis. Kini  seiring dengan perkembangannya , situs  ini telah memiliki  17 bahasa pendukung lainnya.

Berbeda dengan  YouTube, Dailymotion membedakan antara video pribadi dan video kreatif. Video  pribadi merupakan sebuah video yang dibuat tanpa pesan tertentu dan bebas dilihat oleh siapa pun sedangkan video kreatif memiliki pesan khusus yang ingin disampaikan kepada  para penontonnya dan berusaha meraih jum lah penonton yang banyak . Dailymotion  secara khusus menyediakan media untuk mempromosikan video-video semacam ini. Selain itu ukuran file  yang bisa di-upload di situs ini lebih besar bila dibandingkan YouTube, situs video sharing yang menjadi pesaingnya. Bila  YouTube membatasi hingga 100 MB maka Dailymotion memberi­ kan keleluasaan hingga 150 MB.

Hingga saat ini 50% pengguna Dailymotion didominasi dari Prancis Iantos diikuti oleh Amerika Serikat, lnggris, ltalia, Belgia, Kanada, )epang , dan beberapa negara lainnya. Dailymotion  kini  juga tengah  menjalin kerja soma dengan Telecom ltalia

 

Cerita Awal Dailymotion

 

Benjamin Bejbaum

            Benjamin Bejbaum

Salah satu pendiri Dailymotion, Benjamin Bejbaum, mengawali berdiri­ nya situs ini dari sebuah kebutuhan. Suatu kali di bulan Januari 2005, Ben melakukan  sebuah  perjalanan  ke New York dan  pulang dengan membawa  rekaman-rekaman   video. Setelah selesai mengedit  video­ video tersebut, Ben kesulitan untuk memublikasikannya. Bila teks bisa dipublikasikan  melalui blog dan foto-foto bisa dipublikasikan  melalui Flickr, tetapi video belum  memiliki  media yang secara khusus  digu­ nakan untuk publikasi. Pada saat itu YouTube masih dalam proses pe­ rancangan  dan  baru  diluncurkan  beberapa  bulan  kemudian.  Melihat hal ini, Ben bersama dengan seorang rekannya, Olivier Poitrey, mulai merancang sesuatu yang bisa digunakan semua orang untuk membagi dan memublikasikan video mereka.

Selain alasan  ini,  Ben yang cerdas  mampu  menangkap  prospek yang cerah terhadap kehadiran video sharing seiring dengan kemajuan teknologi. Ben melihat bahwa hampir semua orang memiliki kamera, baik  kamera   digital  maupun   kamera   telepon  seluler.  Lebih-lebih beberapa  tahun  ke depan,  pastinya kamera  akan menjadi  kebutuhan pokok bagi  setiap   orang. Dengan demikian  situs   video  sharing  pun akan semakin dibutuhkan.

 

OLIVER SANG TOKOH INSPIRATIF YANG KAYA PENGALAMAN

 

Oliver Poitrey

                 Oliver Poitrey

Ide untuk mewujudkan sebuah situs video sharing ini tidak dikerjakan oleh Ben seorang diri, melainkan dengan bantuan Olivier Poitrey yang kaya pengalaman. Olivier adalah seorang programmer handal. Sebelum menciptakan  Dailymotion,  Olivier telah mendirikan  sebuah  perusa­ haan yakni lnetica yang bergerak dalam bidang informasi teknologi dan service industri.

Selain itu, pemuda  lulusan  Gobelins ini  juga pernah  bergabung dengan perusahaan-perusahaan besar. Dunia kerja mulai ditapakinya di  tahun  1995 dengan  bergabung  di  Fern-Offset sebagai Computer Publishing Operator. Setelah menimba ilmu tak lama di perusahaan ini, karier Olivier pun terus menanjak dan beralih ke sejumlah perusahaan seperti di Club-Internet sebagai Tech Support, di Fininfo dan Digiweb sebagai Programmer  dan System Administrator  serta di Lycos Europe sebagai System Architect.

Kolaborasi antara Ben yang mampu melihat prospek bisnis dan Olivier yang mahir dalam bidang komputer agaknya telah menjadikan Dailymotion sebagai situs video sharing terbesar kedua saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *